Layanan online setiap hari dari jam 07.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Tentang Kho Ping Hoo » Awas Kecanduan Cerita Silat Kho Ping Hoo!

Awas Kecanduan Cerita Silat Kho Ping Hoo!

Diposting pada 18 July 2013 oleh beny

 

Kecanduan-Cerita-Silat-Kho-Ping-Hoo

Sekitar tahun 1970-1980an, pada masa keemasannya, sering sekali ada ujaran seperti ini dari para orang tua terhadap anak-anaknya yang membaca cerita silat Kho Ping Hoo : “jangan sering-sering baca Kho Ping Hoo, nanti kecanduan, jadi malas belajar!”

Anda yang mengalami masa-masa itu, pasti tahu persis makna ujaran tersebut. Karena memang sekali kita mulai membaca cerita silat Kho Ping Hoo, kita akan kesulitan berhenti membaca sampai ceritanya tamat atau mungkin juga karena kita sudah kelelahan sendiri membaca.

Sebenarnya, apa yang membuat cerita silat (cersil) Kho Ping Hoo itu seperti “candu” bagi para penggemarnya bahkan sampai saat ini?

Padahal, jika dilihat sepintas, isi bukunya juga “cuma” tulisan saja (kata anak zaman sekarang), tidak seperti komik manga yang sangat digemari saat ini karena full gambar dan sedikit teks.

Ada beberapa faktor yang membuat cerita silat Kho Ping Hoo menjadi sangat menarik dan terus dibaca oleh penggemarnya hingga saat ini, tentu faktor-faktor ini tidak bisa dipisahkan dari masa penciptaannya itu sendiri.

  •  Pada era sebelum 1950-an, genre sastra yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah sastra “serius” karya para sastrawan terkemuka Indonesia pada masa itu. Kemudian pada tahun 1950-an, muncul jenis genre sastra populer, khususnya cerita silat China selain ada juga cerita roman biasa.

Dikatakan sastra populer karena memang dari segi isinya lebih ringan, mudah dipahami dan dengan tema yang merakyat, berupa cerita-cerita aksi yang dibumbui dengan roman percintaan yang bisa melambungkan fantasi pembacanya yang memang pada waktu itu kebanyakan berusia remaja dan dewasa muda.

Namun, ada satu “kekurangan” yang ada, kalau memang bisa disebut kekurangan, yaitu cerita silat pada masa itu adalah cerita silat terjemahan/saduran cerita silat dari China, tentu saja sedikit banyak terdapat perbedaan dalam “pola berpikir” dan kondisi dalam cerita tersebut .

Selain itu, gaya bahasa terjemahan yang dipergunakan masih memakai bahasa Sastra Melayu Tionghoa, sehingga terasa kurang membumi karena lebih sulit dipahami.

  •  Pada sisi inilah kelebihan cerita silat karya Kho Ping Hoo. Mengapa?

Karena Kho Ping Hoo tidak menerjemahkan/menyadur cerita silat China, melainkan mengarangnya sendiri, karena memang Kho Ping Hoo tidak bisa membaca tulisan China.

Selain itu Latar belakang kehidupan Kho Ping Hoo pun lebih terasa Indonesia, Jawa khususnya.

Soal ini selengkapnya ada pada artikel yang berjudul “Rahasia” Sumber Penciptaan Cerita Silat Kho Ping Hoo.

Dengan latar belakang tersebut, cerita silat Kho Ping Hoo, meskipun mayoritas mengambil setting cerita China daratan (Mainland China), lebih terasa nuansa Indonesia-nya dalam hal “pola pikir” dan kondisi yang dikisahkan dalam cerita silat karyanya dibandingkan dengan karya terjemahan.

Karena lahir dan besar di Indonesia (Pulau Jawa tepatnya), maka Kho Ping Hoo pun sangat fasih dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari, ini sangat berpengaruh dalam pemilihan kata dan gaya bahasa dalam cerita silatnya yang membumi dan mengalir dengan lancar, sehingga para pembacanya pun mudah mengerti maksudnya.

Jangan lupakan pula kesamaan antara kondisi nyata kehidupan dengan kisah kisah dalam cerita silatnya, misalnya soal makna kehidupan, nilai kebenaran, keadilan, kejujuran, kesetiaan, hal baik dan buruk, bahwa pada akhirnya yang baik akan mengalahkan yang jahat.

Jalan cerita yang menarik, penggambaran tokoh-tokohnya yang sekan-akan hidup, gaya bertutur yang mengalir dengan bahasa sederhana, kesuaian tema cerita dengan kondisi masyrakat pembacanya dan bumbu-bumbu cerita asmara yang kadang2 dibuat “rumit” antar tokoh utamanya menjadikan cerita silat Kho Ping Hoo sangat populer, bahkan hingga saat ini.

Dalam artikel-artikel selanjutnya, Anda akan bisa menemukan banyak hal lain yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya tentang maestro cerita silat Kho Ping Hoo dan karya-karyanya yang “abadi”.

 

Bagikan informasi tentang Awas Kecanduan Cerita Silat Kho Ping Hoo! kepada teman atau kerabat Anda.

Awas Kecanduan Cerita Silat Kho Ping Hoo! | Cerita Silat Kho Ping Hoo | Komik Silat Kho Ping Hoo | Bu Kek Sian Su | Buku Kho Ping Hoo

Komentar dinonaktifkan: Awas Kecanduan Cerita Silat Kho Ping Hoo!

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan