Layanan online setiap hari dari jam 07.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Tentang Kho Ping Hoo » Asal dan Arti Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo

Asal dan Arti Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo

Diposting pada 24 June 2013 oleh beny

Arti Nama Orang ChinaKho Ping Hoo dilahirkan pada tanggal 17 Agustus 1926 di Kota Sragen yang termasuk karisidenan Surakarta atau Solo.  Beliau meninggal pada usia 68 tahun, di hari Jumat tanggal 22 Juli 1994

Ia terlahir sebagai anak Kedua (putra pertama) dari 12 orang bersaudara. Ayahnya bernama Kho Kiem Po (peranakan China-Jawa) yang mengerti  sedikit ilmu kungfu. Ibunya bernama Sri Welas Asih.

Nama lahirnya sendiri adalah Kho Ping Hoo, namun  nama yang juga akrab ditelinga  adalah Asmaraman S. Kho Ping Hoo, nama pena yang dipakainya ketika ia memulai karier sebagai penulis cerita (bukan cerita silat) sekitar tahun 1951.

Yang menarik adalah, tidak banyak orang yang tahu apakah arti nama Asmaraman dan apa kepanjangan huruf S pada nama penanya tersebut.

 Baiklah,  coba Kita lihat sedikit latar belakangnya.

Sekitar tahun 1949, Kho Ping Hoo yang waktu itu sudah menikah dan mempunyai 2 orang anak, menetap di Tasikmalaya dan bekerja sebagai pegawai perusahaan angkutan truk dan tinggal di sebuah kamar kontrakan yang luasnya hanya sekitar 3×4 meter.

Kho Ping Hoo mempunyai Hobby membaca sejak kecil ( termasuk buku-buku kebatinan milik Ayahnya), maka di sela-sela waktu istirahat jam kerja maupun di kamar kontrakannya, Ia tetap meneruskan hobby-nya tersebut.

Karena kebiasaan tersebut, maka pikiran Kho Ping Hoo menjadi terbuka dan terbiasa berpikir kritis. Seringkali ketika membaca tulisan orang lain, Ia sering “mengkritisi” tulisan tersebut, misalnya mengapa jalan ceritanya begitu, tidak begini?

Intinya,Kho Ping Hoo merasa Ia mampu menulis lebih bagus daripada penulis-penulis tersebut. Maka Ia mencoba menulis cerpen (cerita pendek, dengan tulisan tangan karena belum mampu membeli mesin ketik) untuk dikirimkan ke majalah-majalah yang populer pada waktu itu.

 

Majalah dan Koran yang terkenal pada waktu itu misalnya Liberty, Cermin, Monalisa, Surabaya Post, Panca Warna, Surabaya Kurir dan Star Weekly.

 

Nah, cerpen pertama karyanya yang berhasil dimuat di majalah (Star Weekly, majalah dengan oplah terbesar di Indonesia pada waktu itu) adalah Cerpen yang berjudul “Hidup di Kolong Jembatan”.

Kemudian menyusul tulisan-tulisannya yang lain di majalah dan Koran-koran yang lain.

 

Menariknya, cerita yang ditulis pada masa ini, tidak ada yang berlatar belakang cerita silat, semuanya hanya cerita roman biasa.

Mungkin karena inilah nama pena yang dipilihnya adalah Asmaraman karena tulisannya banyak mengandung unsur Asmara/roman di dalamnya (di daerah Jawa Tengah, akhiran man sangat lazim digunakan sebagai nama pria, misalnya Suparman, Wagiman, Legiman, Munarman, )

Lalu S pada nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo, adalah singkatan dari nama Sukowati. Nama Sukowati adalah sebutan lain untuk Kota Sragen.

Jadi kemungkinan besar, nama ini dipakai untuk mengingat tanah kelahirannya, karena Kho Ping Hoo sendiri sebelum menetap di daerah Mertokusuman Solo, berpindah-pindah tempat tinggalnya. Ia pernah tinggal di Cikampek, Bandung dan menetap cukup lama di Tasikmalaya hingga tahun 1964 pindah dan menetap di Solo sampai akhir hayatnya.

 

Latar belakang pendidikan Kho Ping Hoo  adalah HIS (Hollandsch-Inlandsche School) setara dengan SD zaman sekarang  dan  MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs), setara dengan tingkat SMP zaman sekarang, namun hanya sampai kelas satu. Kabar lain menyebutkan, Ia tidak sempat melanjutkan ke MULO karena keadaan ekonomi keluarga memaksanya mencari nafkah di usia muda.

 

Mengapa Latar belakang pendidikan ini penting untuk diperhatikan dan  ditulis dalam sejarah Kho Ping Hoo?

Jika Anda rajin menyimak tulisan dalam website ini, kelak  Anda kakan mengetahui bahwa ini ada kaitannya dengan kepiawaian Kho Ping Hoo dalam menuliskan latar belakang cerita silatnya (setting cerita mayoritas mengambil geografis China Daratan) yang diakui banyak orang termasuk akurat, meskipun Beliau sendiri dalam masa aktifnya sebagai penulis cerita silat mandarin belum pernah menginjakkan kakinya di sana, sesuatu yang mengherankan banyak pembacanya.

Bagikan informasi tentang Asal dan Arti Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo kepada teman atau kerabat Anda.

Asal dan Arti Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo | Cerita Silat Kho Ping Hoo | Komik Silat Kho Ping Hoo | Bu Kek Sian Su | Buku Kho Ping Hoo

Komentar dinonaktifkan: Asal dan Arti Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan